Selasa, 16 Maret 2010

Bagaimana seandainya saya tidak bisa tidur dan tidak pernah tidur untuk selamanya ?


Bagaimana seandainya saya tidak bisa tidur dan tidak pernah tidur untuk selamanya ?

      Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus mengetahui hal-hal dasar tentang tidur.kebutuhan tidur seseorang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Bayi yang baru saja lahir, mungkin tidur selama 20 jam. Pada umur 4 tahun , rata-rata tidur berkurang menjadi 12 jam.
      Pada umur 10 tahun , rata-rata tidur seseorang berkurang menjadi 10 jam per hari. Sebagian besar irang dewasa hanya membutuhkan 7 sampai 9 jam untuk tidur pada malam hari. Orang-orang dewasa dikota membutuhkan 6-7 jam per hari untuk tidur. Ini hanya rata-rata saja, dan tentu saja kebutuhan tidur setiap orang bervariasi.

       Kamu pasti tahu, kamu akan merasa segar setelah tidur malam. Mengapa demikian ? apakah ada sesuatu yang penting di saat kamu tidur ? Hormon pertumbuhan pada anak-anak terjadi pada saat tidur, dan zat-zat kimia untuk kekebalan tubuh juga bekerja pada saat kamu tidur. Kamu cenderung mudah terkena penyakit jika kurang tidur dan pertumbuhan anak-anak terhalang bila kurang tidur.
     Tak ada seorang pun yang mengetahui mengapa kita tidur, tetapi ada beberapa teori, termasuk di bawah ini :

• Tidur member kesempatan tubuh untuk memperbaiki otot-otot dan jaringan-jaringan lainnya, mengganti sel yang tua atau mati, dan lain-lain.

• Tidur memberikan kesempatan otak untuk mengatur dan menyimpan memori. Mimpi sering dianggap sebagai bagin dari proses ini.

• Tidur mengurangi konsumsi energy sehingga kita hanya membutuhkan makan 3 kali sehari bukan 4 atau 5 kali. Pada saat tidak melakukan kegiatan apa pun pada malam hari, kita mungkin sedang “mematikan” dan menyimpan energy.

• Tidur merupakan pengisian kembali otak kita.

      Cara terbaik untuk memahami mengapa kamu tidur adalah dengan melihat apa yang terjadi ketika kita tidak cukup memiliki waktu untuk tidur :

• Seperti yang kamu ketahui jika kamu pernah bergadang , kehilangan kesempatan tidur satu malam adalah bukan hal yang fatal. Umumnya seseorang akan merasa tidak enak , cepat lelah, tubuh akan sangat tegang karena factor adrenalin, setelah bergadang.

• Jika seseorang tidak bias tidur 2 hari , hasilnya akan buruk. Sulit berkonsentrasi , perhatian menjadi terpecah-pecah dan sering melakukan kesalahan.

• Setelah 3 hari tidak tidur , biasanya orang akan mulai berhalusinasi dan tidak mungkin bias berfikir jernih . karena terlalu lemah, seseorang bias kehilangan daya tangkap terhadap realitas.

0 komentar:

Posting Komentar